ACTOR: JAMES FRANCO























James Edward Franco lahir pada tanggal 19 April 1978 di Palo Alto, California. Aktor asal Amerika ini memulai karir di dunia perfilman pada tahun 1999 di serial televisi Freaks and Geeks (NBC). Film pertama yang dibintanginya adalah Whaterver It Takes (2000). Nama James Franco mulai dikenal sejak ia main dalam serial televisi James Dean pada tahun 2001 dan berhasil membuahkan piala Golden Globe dalam kategori Best Actor - Television. Ia kemudian menghadiahkan piala pertamanya ini kepada sang ibu tercinta. Karirnya kian menanjak dan James selalu mengambil peran-peran yang lekat di ingatan penonton, seperti menjadi gigolo dalam Deuces Wild atau remaja kecanduan narkotika dalam City by the Sea. Kedua perannya dalam film ini didapat atas rekomendasi Robert De Niro yang terkesan dengan aktingnya dalam serial James Dean.

Sebuah peran besar sebagai Harry Osborn dalam Spider-Man (2002) langsung membuat namanya meroket seketika. Ia pun bermain dalam trilogi Spider-Man karya Sam Raimi. Meskipun awalnya ia mengikuti audisi untuk mengisi peran Peter Parker yang kemudian diperoleh oleh Tobey Maguire, tapi sepertinya menjadi sang tokoh antagonis memang sudah jalan keberuntungannya. Seiring dengan karirnya yang semakin menanjak di Hollywood, James terus bermain dalam film seperti The Great Raid, Paint, Tristan and Isolde, Camille, Fly Boys, Annapolis, Nights in Rodanthe, dan lain-lain. Tahun 2008 kemarin ia bermain dalam sebuah film komedi berjudul Pineapple Express bersama komedian Seth Rogen, filmnya sendiri sukses di pasaran. Melalui film tersebut James Franco kembali membuktikan dirinya mampu bermain dalam peran apa saja, termasuk komedi. Di tahun yang sama, ia juga beradu akting dengan aktor senior Sean Penn dalam film Milk. Aktingnya sebagai homosexual di film ini mencuri perhatian dan mampu mengimbangi Sean Penn, ia pun mendapatkan piala dari Independent Spirit Award dalam kategori Best Supporting Actor.
























Tidak cukup hanya dalam bidang akting, James Franco juga rupanya tertarik menulis dan menyutradai film. Ia mengaku memang sudah mengidamkan hal ini sejak dulu. Bahkan ia sekarang sudah mempunyai sebuah rumah produksi sendiri yang bernama Rabbit Bandini Productions. Hebat! Selain dalam bidang perfilman, James ternyata pandai melukis. Ia sejak dulu selalu mengisi hari-harinya dengan melukis, sampai sekarang pun jika ada waktu senggang ia selalu melukis. Tidak tanggung-tanggung, hasil karya lukisannya sudah banyak yang dipajang di Glu Gallery, Los Angeles. Memang tidak salah kalau James mendapat predikat '50 Hottest Bachelors' oleh People Magazine tahun 2004, sudah ganteng, pintar akting, berjiwa seni tinggi pula. Hehe..

Tahun 2010 James Franco mengambil lima proyek film sekaligus yaitu Howl, Date Night, Eat Pray Love, Your Highness, dan 127 Hours. Dengan kualitas akting diatas rata-rata, kepribadian yang baik, dan tetap mengambil peran yang bervariasi, James Franco akan semakin bersinar! :)
























Random Facts:
* Dipanggil dengan nama Ted semasa SMU dan mendapat julukan 'Best Smile' pada masa bersekolah.
* Memiliki darah campur aduk, karena sang ayah keturunan Portugis - Swedia dan sang ibu keturunan Rusia - Yahudi.
* Pertama kali merasakan keluar negeri adalah pada saat syuting film The Great Raid (2005) di Australia.
* Idola masa kecilnya adalah Tony Hawk.
* James Franco tidak suka memakai jam tangan.
* Di drop out dari kampusnya di UCLA, lalu orang tuanya tidak memberikan uang lagi, kemudian ia bekerja di McDonalds.
* Mengidolakan Robert De Niro, Al Pacino, Jack Nicholson, Marlon Brando, dan Catherine Keener.

"The tip that I’ve gotten for success in movies and other areas is to not stop doing whatever got it good. For myself that’s working as hard as I can on the roles and staying focused on the acting."

"I think I’m just a mild-mannered guy."

"When I was a child, I wanted to be an actor, but I had really bad buckteeth. I didn’t want to get braces, but my mom said I couldn’t be an actor if I didn’t get the braces. So, I got the braces."

"My motto is: I work hard, whether or not it goes well. I try to stay away from a vengeance mentality. Just do my work and move on."





0 Response to "ACTOR: JAMES FRANCO"

Posting Komentar